Tulisan “Tugas Wajib PTI (Pengantar Teknologi Informasi)” ku…

5.08.2012

| | |

               OK…. Kali ini saya akan membahas tentang satu jenis dari beberapa jenis virus computer…. Yaitu si “virus Worm”.
Mengenai definisi virus itu sendiri bisa di lihat di Virus Komputer (postingan
 sebelumnya..).
ok, mulai saja kita bahas si virus ini:

Definisi atau Pengertian Worm

            adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Worm tidak seperti virus komputer biasa, yang menggandakan dirinya dengan cara menyisipkan program dirinya pada program yang ada dalam komputer tersebut, tapi worm memanfaatkan celah keamanaan yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerability. Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer.

Cara Kerja Worm

          

Worm mempunyai perbedaan yang sangat mendasa pada cara kerja kedua program jahat tersebut. yaitu pada worm, program jahat ini hanya akan menetap di memory dan tidak mengikat pada kode tertentu. sedangkan pada virus, dia bkerja pada kode tertentu yang telah diprogram kan pada dirinya.
Worm dapat bekerja memperbanyak dirinya sendiri dan menyebar melalui jaringnan LAN, internet, resouces pada jaringan komputer akan habis bandwidt nya karena dipenuhi oleh worm. Yang akan berdampak pada lambatnya aliran data karena memory sudah dipenuhi oleh worm.
Worm umumnya berbentuk file executable (berekstensi .EXE atau .SCR), yang terlampir (attach) pada email. Namun demikian, ada beberapa jenis worm yang berbentuk script yang ditulis dalam bahasa Visual Basic (VBScript).

Cara Penyebaran Worm

            Penyebarannya pada komputer lainnya melalui jaringan. Dalam perkembangannya Worm mengalami “mutasi genetik” sehingga selain membuat suatu file baru, ia pun akan berusaha menempelkan dirinya sendiri ke suatu file, ini biasa disebut virus Hybrid.
Jenis – jenis Worm
            Beberapa contoh dari worm adalah sebagai berikut:
§  ADMw0rm: Worm yang dapat melakukan ekspolitasi terhadap layanan jaringan Berkeley Internet Name Domain (BIND), dengan melakukan buffer-overflow.
§  Code Red: Worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan Internet Information Services (IIS) versi 4 dan versi 5, dengan melakukan serangan buffer-overflow.
§  LoveLetter: Worm yang menyebar dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun yang terdaftar dalam Address Book Microsoft Outlook Express/daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan cara menggunakan kode Visual Basic Script (VBScript).
§  Nimda
§  SQL-Slammer
§  I-Worm/Happy99(Ska)
§  I-Worm/ExploreZIP
§  Sobig
§  Sircam

Tips Mengatasi Virus Worm

Bila komputer anda terserang virus jenis WORM ( yang anda terima melalui EMAIL atau INTERNET), virus ini akan segera menyebar kembali dengan cara mengirim EMAIL ke semua alamat yang ada pada ADDRESS BOOK anda.
Cara mudah untuk pencegahan penyebaran virus ini:
Pada Outlook Express  :
1. Klik File pilih  NEW ->  CONTACT.
2. Pada menu name di kolom FIRST dan LAST NAME ketik "0000" ( nol nol nol nol ).
3. JANGAN mengisi ALAMAT EMAIL apapun, biarkan kosong.
4. Lalu Klik OKE.
5. Pastikan bahwa Alamat Email yang baru ini ada pada URUTAN PERTAMA.(dikolom contact sebelah kiri, 0000 0000 ada di paling atas)
6. Selesai.

Pada Eudora  :
1. Klik Tools -> Address Book ( tekan Ctrl dan L bersamaan )
2. Klik New .
3. Pada kolom First Name isi 0000 dan di kolom Last Name isi 0000
4. Alamat e-mail dan yang lainnya dikosongkan saja.
5. Close address book lalu Save address book.
6. Selesai.

             Bila pada suatu saat komputer anda ter INFEKSI VIRUS WORM, virus ini akan mengirim email ke semua alamat, yang tentu saja nama "00000000" ini yang pertama akan dikirim.
            Otomatis pengiriman email akan terhenti (ERROR) karena tidak ada Email Address nya. Sekaligus juga anda akan TAHU bahwa komputer anda terserang virus, karena komputer akan memberikan pesan ERROR.

Cara membuat virus worm

Hy, teman?? Kamu pasti inget dengan virus worm yang sempat menghebohkan Tampilan awal program Vbs WGinternet beberapa waktu yang lalu : Anna Kournikova. Worm yang menginfeksi Windows beserta Outlook Exressnya, akan mengirim sendiri pesan virus ke seluruh email yang terdapat pada address book.

Sebenarnya untuk membuat worm semacam itu kamu tidak harus menjadi seorang programmer handal. Cukup bisa njalanin komputer dan punya softwarenya. Lalu apa softwarenya ? VBS Worm Generator !! Dengan program yang dibuat oleh hacker Argentina berusia 18 tahun itu kamu dapat membuat virus yang sama dahsyatnya dengan Anna Kournikova, cukup dengan melakukan beberapa klik.

Program VBSWG memungkinkan kamu untuk membuat worm dengan nama sesukamu. Kamu juga bisa memilih efek dari worm tersebut, seperti misalnya menampilkan pesan atau memaksa seseorang untuk menuju situs tertentu. Akibat yang paling parah tentunya jika worm tersebut kamu setting supaya membikin crash komputer.

Kemampuan lain dari VBSWG adalah melakukan enkripsi terhadap source code worm yang dibuat. Kemampuan lainnya bisa kamu coba sendiri :-) Pokoknya cukup hebatlah program ini.

Tapi seperti yang dikatakan oleh pembuatnya, VBS Worm Generator hanya boleh digunakan untuk belajar, bukan untuk merugikan orang lain. Untuk itu jika Anda memang berniat mencobanya, ingat-ingat peringatan tersebut.

aplikasi tersebut dapat di download lewat link ini dalam bentuk zip :
http://www.4shared.com/file/58988982/d138203b/Vbswg2BFix.html?s=1

Sumber:

0 comments:

Posting Komentar